Gurihnya Ayam Goreng Ribank

4
67

Ketika mendatangi warung ini, Matahari Nampak terlihat naik dengan terik yang membuat keringat-keringat mencucur melewati dahi dan selipan-selipan rambut. Awal maret ini suhu bisa mencapai 34-35 derajat celcius. Panas.

Setelah berjibaku dengan riuhnya jalan utama, akhirnya sampailah aku di sebuah gang kecil yang letaknya di antara Gedung Bank Cabang BRI Ajibarang dan bengkel motor.

Sebutlah warung ini dengan Ayam Srundeng Ribank, singkatan dari mburi bank. Berdiri sejak 1982, ayam goreng srundeng ribank telah merajai dunia perkulineran untuk kategori ayam srundeng.

Warung ini dinamai ribank demikian karena letaknya di belakang gedung BRI Cabang Ajibarang. Jika kalian sudah sampai di depan gedung BRI, di sebelah kiri akan dijumpai sebuah gang kecil yang akan menuju perempatan kecil komplek ajibarang wetan. Kalian dapat dengan mudah menemukan warung ini karena letaknya presis diperempatannya.

Ayam Srundeng Ribank ini hanya menjual ayam srundeng sebagai menu utama. Tanpa ada nasi atau pokok sebagai pendukungnya.

Yang menarik dari tempat ini adalah yang membeli tidak hanya dari ajibarang, tapi datang dari kecamatan lain. Selain, kerena tidak membuka cabang, cita rasa yang dihasilkan sejak pertama kali dibuka tahun 1982 sampai sekarang masih sama.

Tidak seperti ayam srundeng biasanya yang dominan rasanya asin dan parutan kelapa yang lebih kering. Ayam srundeng Ribank ini menaruh banyak rempah yang menghasilkan rasa, dari manis, agak asam, dan sedikit asin. Dominan rasanya lebih banyak pada rasa manisnya. Parutan kelapanya pun lebih basah.

Diolah secara tradisional dengan menggunakan Pawon atau tungku yang membuat cita rasa yang khas dan membuat ayam terasa lebih gurih serta ‘juicy’.

Selain itu bisnis ini dikelola sebagai bisnis keluarga sebagai bisnis turun-temurun, sehingga resep rahasia tetap dijaga dan membuat rasanya sulit dilupakan .

Ayam srundeng ini dijual dari mulai 8000an untuk paha dan dada.

Cara memesan di Ayam Srundeng ini hanya tinggal mengantri dan memilih bagian mana yang akan dibeli. Biasanya para pembeli akan mengatakan “campur” untuk bagian daging dan kulit. Atau juga bisa pesan “Kulitan” untuk bagian ayam yang didominasi kulit.

Ayam srundeng ini cocok sekali menjadi hidangan lauk yang enak juga terjangkau. Tambahlah Nasi, sambal dan juga Esteh, makan siang akan terasa nikmat di siang hari yang terik.

Jangan sampai lapar, marahnya orang lapar sungguh menjadi bencana.
Salam makan.

4 KOMENTAR

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here