Misteri Cowong di Kandang Sapi

0
55

Investasi orang desa sebelum mengenal bank dan investasi modern adalah hewan ternak besar. Seperti Sapi dan kerbau. Inilah maka ternak di desa dikenal sebagai raja kaya/rojo koyo.

Daerah urut Sewu kebumen sejak ratusan tahun, dikenal sentra saribumi dan ternak. Dulu masih sapi kecil majapahitan. Kini jadi kawasan desa sumber bibit sapi unggulan kebumen. Lebih dari 50.000 populasi sapi dibudidaya ribuan peternak. Dikenal sebagai sapi PO. Ciri khasnya : gagah, besar dan punya punuk/tonjolan besar. Harganya wah.. sebab merupakan kebanggaan, menaikan gengsi dan masuk kontes.

Ketika berkunjung ke kandang ternak sapi tetangga desa, di Karanggadung Petanahan. Menemukan cowong/batok kelapa utuh berlubang tergantung di atas. Kata pemiliknya, ini tinggalan adat sebagai medium penolak bala bagi penyakit ternak.

Tentu, kita paham. Peternak di desapun berkembang pengetahuannya. Termasuk ilmu budidaya ternak, ransum dan serta cara menangani kesehatan hewan. Namun, menyatukan antara pengetahuan lokal dan modern hari ini sebuah tantangan. Seperti negeri Jepang, dimana akar tradisi bertumbuh bersama kecanggihan.

Bagaimana menurutmu sedulur ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here